Friday, December 4, 2015

Pulau Morotai Penuh Dengan Keindahan

Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, yang masuk dalam Provinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Morotai adalah salah satu pulau terluar di Indonesia. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, namun seperti banyak orang bilang, Morotai adalah 'kecil-kecil cabe rawit'. Keindahannya menggigit.

Setelah Sail Wakatobi-Belitung sukses diadakan tepat pada 2011 lalu, Pulau Morotai Maluku Utara akan jadi basis perhelatan internasional ini di tahun 2012. Peluncuran Sail Morotai 2012 membawa pertanyaan di benak banyak orang, salah satunya tentang letak pulau itu sendiri, serta apa ke istimewaannya sehingga mampu menampung kapal-kapal layar dari seluruh penjuru bumi?



                                                             Kota Daruba Malam Hari

Sebagai pulau yang berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Filipina, Morotai dulu digunakan sebagai basis pertahanan Jepang selama Perang Dunia II. Setelah itu, pulau ini diambil alih oleh Sekutu dan digunakan sebagai landasan pesawat untuk menyerang wilayah Filipina dan Borneo Timur. Tapi, jauh sebelum itu yaitu pada abad ke-15 dan 16, Morotai berada di bawah Kesultanan Ternate.





                                                                 Tugu Kota Daruba


Oleh karena itu, pulau ini menyimpan banyak guratan sejarah. Ada banyak peninggalan perang seperti gua persembunyian, landasan pesawat, juga kendaraan lapis baja yang masih utuh walaupun berkarat. Salah satu gua yang terkenal bernama Nakamura, yang jadi tempat persembunyian para tentara Jepang setelah Pulau Morotai diambil alih oleh Sekutu. 'Nakamura' berasal dari nama tentara Jepang itu sendiri, yang konon bersembunyi di sana 30 tahun lamanya!



                                                                  Sunrise Daruba

Banyak orang bilang, Morotai adalah 'Surga di Timur Indonesia'. Hal ini mengacu pada kekayaan bawah lautnya, dengan lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. Semuanya luar biasa indah, dengan perairan jernih berwarna biru tua. Biota lautnya tak terhingga, hidup di antara terumbu karang yang terawat dan bekas-bekas reruntuhan kapal.

Keindahan alam Pulau Morotai tak hanya tercermin lewat bawah lautnya saja, tapi juga di daratannya. Hamparan pasir putih yang luas siap memanjakan mata siapa pun yang menginjakkan kaki di atasnya. Panorama matahari terbit dan tenggelam menjadi salah satu momen paling dinanti oleh wisatawan, yang rupanya masih jarang datang ke sana.

Cara paling efisien untuk menuju ke Morotai adalah dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela, lalu lanjut ke Morotai. Di jamin, ketika melihat langsung keindahan Morotai, Anda tak akan bertanya lagi kenapa pulau ini yang jadi tempat berlangsungnya sebuah ajang internasional. Asal ingat satu hal, jangan malah dirusak ya!

Contact :    Shafiya Tour and Travel

Telp      :     08113398698
PIN       :      59AFD5A8
IG          :      @shafiyatour
E-mail   :      shafiya210@yahoo.com



No comments:

Post a Comment