Thursday, December 3, 2015

AIR TERJUN SENDANG GILE DI LOMBOK

Wisata ini mencakup bagian Lombok utara dan menyajikan pengalaman alam, budaya dan peradaban manusia di wilayah ini selama berabad-abad, Anda akan memulai tour melalui garis pantai untuk mengunjungi Malimbu, kemudian ke pasar tradisional Tanjung, pasar lokal yang beragam dengan buah-buahan yang berwarna-warni dan makanan diperdagangkan oleh penduduk setempat untuk kebutuhan hidup sehari-hari mereka

Air terjun Sindang Gile, terletak di desa Senaru terletak 600 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Rinjani. Bukit-bukit yang keren dan alam tenang, memberikan Anda istirahat yang nyaman, air mengalir dan jatuh di atas ketinggian 30 meter turun adalah air terjun paling indah di Lombok, air terjun untuk mengairi sawah bidang lingkungan dengan air jernih yang berasal dari Danau Segara Anak.


Air terjun Sendang Gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani. Anda cukup berjalan kaki sejauh 15 menit. Karena lokasinya dekat pintu masuk, air terjun Sendang Gile dikunjungi oleh banyak wisatawan lain. Bagi Anda yang tidak suka medan terlalu berat, air terjun Sendang Gile adalah pilihan yang tepat untuk kunjungan Anda.

Sepanjang jalan menuju dua air terjun, Anda akan disajikan dengan pemandangan hutan lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Mayoritas flora yang tumbuh di daerah ini adalah tanaman tropis. Seperti pohon Bajur (Pterocarpus SP.), Pohon Ipil (Insia biyuga), pohon Sentul (Sondarium), dan jati (Tektona grandis). Meskipun padat dan subur, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Karena jalan menuju air terjun Sendang Gile adalah sangat jelas. Tetapi jika Anda ragu, Anda dapat meminta pemandu lokal Anda untuk menunjukkan arah ke air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.





Jalan setapak menuju air terjun Sendang Gile mayoritas anak tangga. Hal ini cukup nyaman bagi Anda. Tapi tiba di air terjun, Anda juga harus berhati-hati. Karena di sekitar air terjun ada banyak batu-batu besar. Jika Anda berdiri di tempat yang sedikit lebih tinggi, Anda bisa melihat air mengalir jatuh di bebatuan. Anda juga dapat duduk dan beristirahat di batu, menikmati pemandangan air terjun di depan Anda.

Bagi Anda yang suka perjalanan yang menantang, Anda dapat melanjutkan ke Air Terjun Tiu Kelep. Untuk mencapai hal ini, Anda harus berjalan kaki sejauh 45 menit. Anda akan melewati sebuah tangga yang cukup curam. Setelah itu, Anda juga akan menyeberangi sungai cukup dangkal. Di sungai, Anda akan merasakan kesejukan aliran air sangat jelas. Anda juga akan bepergian jalan, yang di kelihatan ada sungai kecil dengan aliran air yang tenang. Benar-benar menyenangkan dan segar melihat!

Petualangan Anda akan sempurna ketika mendarat di lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini cukup tinggi, yang berjarak sekitar 45 meter. Yang cukup besar dan berat menimbulkan benturan cukup besar pula. Jika Anda tidak ingin basah, Anda harus mengenakan jaket tahan air Anda. Tidak jauh dari sana, Anda dapat melihat pohon besar yang tumbuh di permukaan tebing.

Menurut penduduk setempat, bahasa Sasak bahwa Tiu Kelep nama ini diambil dari "Terbang renang" sementara nama Sendang Gile diambil dari legenda lokal. Legenda tersebut berkisah seorang pangeran yang sedang dikejar oleh singa gila. Sang Pangeran kemudian bersembunyi di balik air terjun melarikan diri dikejar singa. Akhirnya air terjun bernama Sendang Gile. Air terjun kedua diyakini menyembuhkan berbagai penyakit, serta membuat kelihatan lebih muda. Masyarakat juga percaya bahwa aliran air terjun akan lebih besar jika orang-orang berbicara lebih keras.

20150524_110705



Suasana yang segar dan pemandangan yang indah akan membuat Anda menikmati lokasi wisata Lombok. Namun dalam perjalanan pulang, berhenti sebentar ke Senaru. Restoran ini terletak di ketinggian, sehingga Anda akan mendapatkan pandangan yang berbeda sambil mencicipi masakan khas Lombok. Di sini Anda akan disajikan dengan pemandangan hutan lebat dan tebing yang mengelilingi air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Kemudian mengunjungi tradisional desa Senaru, di mana kehidupan Sasak dan peradaban pada abad terakhir masih ada sebagai bagian dari alam, maka kita mengunjungi masjid tua di Bayan, salah satu warisan yang ternilai oleh Sasak Lombok, yang merupakan keyakinan kedatangan Islam yang telah dibangun di abad ke-16

Tour termasuk:
-Transportasi oleh pelatih pribadi kami
-Biaya tiket wisata
-Pemandu wisata berbahasa Indonesia
-Sandwich Lunch Box untuk melakukan perjalanan sehari penuh.
-Tour panduan lokal pribadi

Tour belum termasuk:
-Setiap pengeluaran yang bersifat pribadi (Tips, minuman, Laudry dll.)

-Tip untuk Tour Guide dan Sopir


Contact :    Shafiya Tour and Travel

Telp      :     08113398698
PIN       :      59AFD5A8
IG          :      @shafiyatour
E-mail   :      shafiya210@yahoo.com

 

No comments:

Post a Comment