Friday, December 4, 2015

TEMPAT TEMPAT BAGUS DI MADURA

TEMPAT TEMPAT BAGUS DI MADURA - Di Kabupaten Sumenep ini, anda dapat menemukan sebuah pantai dengan gugusan pohon cemara udang yang menghiasi hampir seluruh tepiannya. Namanya Pantai Lombang (dalam pelafalan orang Madura diebut ‘lombheng’), terletak 30 kilometer di timur Pusat Kota Sumenep.

Pantai yang boleh jadi paling banyak dikunjungi wisatawan diseluruh Pulau Madura ini mulai menjadi objek wista favorit sejak sekitar tahun 2000 lalu, ditandai dengan kunjungan pertama para turis mancanegara ke pantai ini. Beberapa agen perjalanan yang membawa turis dari Jakarta menuju Bali biasanya juga menawarkan kujungan beberapa hari ke pantai ini.  Selain turis mancanegara, tentu saja Pantai Lombang juga menjadi lokasi yang sangat diminati oleh turis domestic, naik masyarakat Madura sendiri maupun wistawan lokal yang datang dari Surabaya dan sekitarnya.


Pantai Lombang memiliki kesan istimewa karena memiliki hamparan pasir putih sepanjang 12 kilometer. Berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya dihiasi oleh cemara udang. Tinggi pepohonan tersebut sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak dalam kondisi tegak, melainkan agak membungkus sehingga Nampak seperti udang. Ditengah kondisi cuaca di Pulau Madura yang terkenal panas, berlindung dibawah rerimbunan daun pohon cemara ini dapat sedikit menghela cuaca panas tersebut.








 Kondisi pantai yang masih bersih dengan ombak yang relatif kecil membuat pantai ini juga cocok untuk lokasi berenang dan olahraga air lainnya. Wisatawan yang belum mahir berenang, atau masih dibawah umur, dapat menyewa peralatan renang seperti ban pelampung di sekitar pantai ini.

wisatawan yang tidak keberatan membayar uang lebih mahal dapat menikmati fasilitas yang lebih memadai  seperti pelayanan yang diberikan kepada wisatawan asing.  Fasilitas tersebut tidak hanya berupa kunjungan untuk menikmati pesona alam Pantai Lombang, melainkan juga berbagai seni pertunjukan masyarakat setempat, memikmati pesta bakar ikan di malam hari, serta memperoleh fasilitas penginapan yang unik. Penginapan ini merupakan pondok-pondok di pinggir pantai dengan bahan dasar kayu, memakai dinding rotan, beratapkan ranting dan daun pohon cemara, serta berlantai kan pasir pantai, selain Nampak natural, pondok inap tersebut juga dilengkapi dengan ukiran dan perabot khas Madura sehingga Nampak lebih eksotis.


Pantai ini, tenang sekali. Ombaknya tidak menderu-deru karena posisinya di sisi utara yang cenderung tidak berombak. Aman, untuk keluarga yang membawa putera-puterinya yang masih kecil. Apalagi, pantai ini juga tidak berkarang.  Pasirnya lembut, berwarna kecoklatan dan bila dicampur air bentuknya hampir menyerupai lumpur cair sehingga pasirnya tidak bisa dipakai untuk membuat bentukan istana pasir seperti pada umumnya pantai-pantai di Indonesia.








Selain itu juga ada Air Terjun Toroan Sampang, Ladang Garam Sumenep, Langit Pantai Complong Pamekasan, Masjid Agung Sumenep,  dan Pulau Poteran Talango Sumenep. Ini adalah salah satu tempat kami pernah kesana dan kami dokomentasikan jika anda tertarik dengan tempat tersebut. sehingga kami dapat membantu untuk traveling anda.

 



No comments:

Post a Comment